LED TV POLYTRON PLD19D653 SUSAH ON ATAU GAGAL START

Problem:

LED TV POLYTRON PLD19D653 jika kita masukkan aliran listrik kadang hanya terlihat lampu indikatornya saja yang berkedap-kedip, kadang bisa nyala setelah berulang-ulang menekan tombol start. TV hanya susah start pada saat awal saja ketika TV sudah ON, TV normal tidak ada kendala.

Apa penyebabnya?

Lampu indikator yang terlihat kedap-kedip saat kita masukkan aliran listrik sekilas memberi pemikiran kemungkinan adanya masalah dibagian PSU ( power supply unit ) , ada indikasi tegangan output dalam kondisi tidak stabil. Setelah kita lepaskan casing bagian belakang dengan jelas kita lihat pada rangkaian psu tersebut ternyata ada salah satu komponen yang kurang begitu baik, diantaranya pada bagian Capasitor yang kita lihat ada yang kembung yaitu pada bagian Output Voltage yang Menuju ke Bord.pada tahapan ini selanjutnya kita perlu mengganti capasitor yang kembung tersebut dengan yang baru.
Sampai disini kita coba test untuk menyalakan LED tv tersebut, seharusnya apabila tidak ada kendala yang lain LED TV bisa nyala dengan normal.

TV masih tetap berkedip walaupun sudah diganti Capasitor yang bermasalah?

Apabila cara tersebut TV masih tetap berkedip maka langkah selanjutnya adalah dengan cek pada bagian Chip BIOS pada Borard TV tersebut yaitu dengan mencoba untuk Flash Firmware dengan Tipe TV tersebut ( Tipe File dapat anda cari di Goole atau Link 4shared ) Jangan lupa untuk membackUP data firmware terlebih dahulu sebelum melakukan flash Firmare. Flash firmware bisa menggunakan Alat Pemograman seperti tipe CH341.
Cara kedua ini sudah saya terapkan pada POLYTRON PLD 19D653 dengan kerusakan Susah ON / Start, selain mengganti Capasitor yang kembung yaitu dengan Flash Firmware TV.

Kesimpulan : Solusi untuk Mengatasi TV POLYTRON susah on apabila sudah mengganti komponen yang bermasah tapi tetap sama saja yaitu dengan cara coba flash Firmware TV, karena kerusakan data bisa diakibatkan karena sering gagal start yang mengakibatkan data firmware Corupt, apabila Memori Bios sudah Protect anda bisa menggantinya dengan memori yang baru dengan kapasitas yang sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *